Minggu, 01 November 2020

Sitohang


Kurang lebih 2 tahun saya menyusun silsilah keluarga Sitohang Situmorang ini. Perlu dijelaskan bahwa dalam penyusunan ini begitu banyak daerah yang saya kunjungi dari Jakarta, Wlingi, sampai Malaysia. Saya mencari nara sumber yang benar benar bisa diandalkan.

Saya mencari nara sumber dari tiap tiap pohon keluarga. Adapun awal yang saya ketahui bahwa orang pertama atau Ompu yang saya ketahui bernama Lucius Sitohang dan istrinya saya tidak tahu karena nara sumber saya pertama adalah Amangtua Enrico Situmorang. Beliau sudah lupa dan sebenarnya, ompu saya memberikan mandat kepada ayah saya untuk  untuk menyusun tarombo namun karena keterbatasan biaya dan sebagainya, mandat tersebut dialihkan ke sepupunya yaitu Amangtua Enrico Situmorang. Namun karena kesibukan beliau di dinas tentara, tarombo tersebut tidak pernah terealisasi.

Sempat dibuat daftar keluarga tahun 1996 dan saya juga menyusun bersama Amangtua. Namun daftar keluarga itu tidak menjelaskan ini siapa itu siapa. Hanya nama alamat dan no telepon. Bingung juga kami. Lalu pada tahun 2017, saya mulai menyusun sendiri.

Ompu Lucius mempunyai 3 keturunan yaitu Paulus, Stefanus, dan Hendrik. Paulus tidak mempunyai keturunan. Stefanus mempunyai 3 keturunan yaitu Esther Br. Sitohang, Ferdinand Sitohang, dan Johan Frederik Sitohang. Esther Br. Sitohang mempunyai 8 keturunan yaitu Cyrus Tambunan, Nelly Br. Tambunan, Sonti Br. Tambunan, Melvina Br. Tambunan, Resiana Tambunan, Jannus Tambunan, Mili Br. Tambunan, dan Lenny Br. Tambunan.

Ferdinand Sitohang mempunyai 5 keturunan  anak yaitu Enrico Situmorang, Mananti Situmorang, Retna Br. Situmorang, Rita Br. Situmorang, dan Irma Br. Situmorang.

Johan Frederik Sitohang mempunyai 14 keturunan  yaitu Rudy Situmorang, Heiny Situmorang, Tagor M Situmorang, Edwin Situmorang, Lena Br. Situmorang, Lido Situmorang, Mindo Situmorang, Maxim Situmorang, Tino Situmorang, Meity Br. Situmorang, R.M. Br. Situmorang, S.N. Br. Situmorang, Eivy Br. Situmorang, dan Merry Br. Situmorang.

Kemudian ompu Stefanus meninggal dunia. Istri dari ompu Stefanus dinikahi oleh adiknya yaitu Hendrik dan mempunyai 3 keturunan yaitu Rafina Br. Sitohang, Jenni Louis Br. Sitohang, dan Rufinus M.W. Sitohang.

Rafina Br. Sitohang mempunyai 6 keturunan yaitu William Silalahi, Romola Br. Silalahi, Richard Silalahi, Irish Br. Silalahi, Br. Silalahi, dan Ruth Br. Silalahi. 

Jenni Louis Br. Sitohang mempunyai 4 keturunan yaitu Hartati Br. Pasaribu, Edwin Pasaribu, Ratna J Br. Pasaribu, dan Endrew Pasaribu.

Rufinus M.W. Sitohang mempunyai 8 keturunan yaitu Ricardo Sitohang, Helen Br. Sitohang, Victor Sitohang, Diana Flora Br. Sitohang, Nico Sitohang, Herlina Br. Sitohang, Ronny Sitohang, dan Bernard Sitohang.

Nara sumber pertama adalah Kak Annie dari pohon ompu Esther Br. Sitohang. Nara sumber kedua adalah Namboru Irma dari pohon ompu Ferdinand Sitohang . Nara sumber ketiga adalah saya sendiri dari pohon ompu Johan Frederik Sitohang. Lalu pohon ke dua, Ompu hendrik, nara sumber dari namboru Ratna Jelita Br. Pasaribu. Dan ompu Rufinus nara sumbernya adalah Amanguda Victor dan Michael Wakkary.

Sekian, semoga bermanfaat 
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Khawatir Tuhanku

 Khawatir adalah teman setiaku Dia selalu mengisi hari2ku Tiada rasa khawatir membuatku gundah Jangan pergi dariku Aku berdoa tapi tidak cuk...